Jumat, 12 November 2010

AFC

Liga Champions Asia (bahasa Inggris: AFC Champions League) adalah suatu kejuaraan sepak bola antarklub internasional yang mempertemukan tim-tim dari liga sepak bola terbaik Asia.

Awalnya bernama Kejuaraan Klub Asia (Asian Club Championship), turnamen ini dimulai pada tahun 1967 dengan hanya delapan tim. Turnamen ini kemudian dihentikan sejak tahun 1971 namun diselenggarakan kembali mulai tahun 1986 dengan nama Piala Champions Asia (Asian Champions Cup). Hanya tim-tim juara liga domestik saja yang boleh mengikuti turnamen ini, sedangkan juara piala liga bermain di Piala Winners Asia. Pemenang kedua turnamen tersebut kemudian diadu pada Piala Super Asia.

Sejak musim 2002/03 Piala Champions Asia dan Piala Winners Asia digabung menjadi satu dan namanya pun kembali berganti menjadi Liga Champions Asia. Pada musim pertama, sejumlah 16 klub berpartisipasi dalam babak akhir. Musim 2003/04 dibatalkan akibat virus SARS danPerang Irak. Pada tahun 2004 turnamen ini diluncurkan kembali dengan 28 klub dari 14 negara.

Tujuh klub telah menjuarai turnamen ini dua kali; Al-Ittihad, Suwon Samsung Bluewings, Pohang Steelers, Al-Hilal, Maccabi Tel-Aviv, Thai Farmers Bank dan Esteghlal. Kini Pohang Steelers menjadi satu-satunya klub yang telah menjuarai turnamen ini sebanyak tiga kali setelah mengalahkan Al-Ittihad 1-0 pada musim 2009.

Pada tahun 2009, turnamen ini mulai menggunakan format baru di mana jumlah tim peserta bertambah menjadi 32 tim dan hadiah diperbanyak. Total hadiah yang diperebutkan berjumlah US$14 juta – sang juara memperoleh US$1,5 juta ditambah hadiah dari babak-babak sebelumnya.

2004-2008

Juara domestik dari 14 federasi tertinggi Asia lolos secara otomatis ke turnamen ini, bersama dengan juara piala liga dari 14 negara tersebut (kecuali Thailand dan Vietnam yang juara piala liganya mengikuti Piala AFC mulai tahun 2007 seiring dengan bergabungnya Australia sebagai anggota AFC). Juara bertahan mendapat bye dan langsung melaju ke babak perempat final.

Keseluruhannya ada 28 tim yang berlaga di turnamen ini.

Tim-tim yang berada di babak kualifikasi dibagi berdasarkan wilayah menjadi tujuh grup yang masing-masing berisi empat tim. Tim-tim tersebut bermain dengan format kandang-tandang dan tim teratas dari setiap grup lolos ke babak perempat final, di mana mereka bergabung dengan sang juara bertahan.

[sunting]Mulai 2009

Peserta Liga Champions AFC terdiri dari 30 tim dari 10 negara yang memiliki liga profesional terbaik menurut penilaian AFC. Selain itu, dua tim akan ditentukan melalui babakplay-off. 32 tim tersebut kemudian dikelompokkan dalam 8 grup regional yang masing-masing berjumlah 4 tim. Setiap tim dalam satu grup akan bertemu setiap lawannya dua kali (kandang dan tandang). Dua tim terbaik dari setiap grup lolos ke babak perdelapan final.

Babak perdelapan final hanya terdiri dari satu pertandingan bagi setiap tim. Tuan rumah masing-masing pertandingan adalah juara grup yang harus melawan peringkat kedua grup lain yang masih dalam kawasan yang sama (misalnya juara salah satu grup Asia Timur berhadapan dengan peringkat kedua grup lain dalam kawasan Asia Timur). Kedelapan pemenang lolos ke babak perempat final yang menggunakan sistem home and away (kandang-tandang). Tim-tim dari lain kawasan dapat saling berhadapan, namun tim dari negara yang sama tidak dapat bertemu dalam suatu pertandingan.

Pemenang kemudian lolos ke semifinal yang juga menggunakan sistem home and away. Final dilaksanakan di tempat yang netral. Jika setelah perpanjangan waktu pertandingan masih seri maka adu penalti akan dilaksanakan untuk menentukan sang juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soemphex.blogspot.com
klik ke soemphex.blogspot.com klik
Welcome to the Soemphex.blogspot.com
Ke Soemphex.blogspot.com