Sabtu, 30 Oktober 2010

HTML5

Berkenalan Dengan HTML 5
 
     Walaupun spesifikasi HTML 5 masih dalam bentuk draft, namun telah digunakan secara luas oleh beberapa web designer di seluruh dunia. Kehadiran HTML 5 memang sangat dinantikan oleh para web designer di seluruh dunia, selain tentu saja CSS 3. Hal ini tidak mengherankan jika melihat feature baru yang disediakan oleh HTML 5. Salah satunya adalah tag video, yang mana dapat digunakan untuk menyertakan video ke dalam halaman web tanpa menggunakan Flash.

     Di dalam artikel ini kami akan mencoba untuk memperkenalkan beberapa tag baru HTML 5 sehingga dapat membantu bagi anda yang mengalami kesulitan dalam memulai memasuki dunia HTML 5. Walaupun dari setiap tag akan dijelaskan secara singkat, namun semoga tetap dapat memberikan pencerahan bagi kita semua.

header

Kita mulai saja perkenalan kita terhadap HTML 5 dengan mempelajari elemen header. Elemen header digunakan untuk menggambarkan header suatu halaman web atau bagian halaman web. Header dapat berupa konten pendahuluan atau daftar isi/navigasi. Elemen header juga dapat digunakan di dalam suatu bagian dari halaman web.

footer

Elemen footer digunakan untuk menggambarkan footer dari suatu bab atau keseluruhan dokumen. Footer biasanya berisi tentang info penulis, tanggal ditulis, link yang berhubungan dengan dokumen, copyright, dsb.

section

Elemen section digunakan untuk menggambarkan section dari dokumen. Dalam pengertian yang lebih sederhana section merupakan kumpulan konten atau tulisan dengan sebuah judul. Untuk mempermudah pemahaman, section dapat dibayangkan sebagai bab di dalam suatu karya tulis.

Di dalam halaman depan suatu website, dapat dibagi menjadi beberapa section seperti konten pembuka, beberapa blog post, informasi kontak.

Adanya elemen section memberikan keleluasaan dalam menentukan elemen header ( h1 – h6 ). Ketika kita menentukan suatu header maka elemen tersebut akan membentuk suatu rangkaian kedalaman header baru. 

 hgroup

Elemen hgroup digunakan untuk mengelompokkan elemen hn (h1 – h6) ketika heading mempunyai beberapa kedalaman, seperti subheadings, alternative titles, atau taglines.

nav

Elemen nav digunakan untuk menggambarkan suatu konten yang menghubungkan ke halaman lain atau bagian lain dalam halaman yang sama. Elemen ini paling sesuai untuk membentuk semantic navigation seperti menu situs web atau daftar isi suatu konten.

aside

Elemen aside digunakan untuk menggambarkan suatu bagian dari dokumen yang berhubungan dengan konten didekatnya namun dapat dipertimbangkan terpisah dari konten tersebut. Contoh penggunaan elemen aside di dalam halaman web adalah sidebar. Suatu sidebar mengandung konten yang berhubungan dengan halaman web, seperti profil, kontak, favorite links dsb. Namun demikian dia dapat terpisah dari konten lainnya di dalam halaman web yang sama.

Browser Support

HTML 5 didalam spesifikasi W3C masih dalam bentuk draft. Untuk itu support terhadap elemen-elemen baru HTML 5 belum didukung oleh sebagian besar web browser. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soemphex.blogspot.com
klik ke soemphex.blogspot.com klik
Welcome to the Soemphex.blogspot.com
Ke Soemphex.blogspot.com