Kamis, 11 November 2010

PENGETAHUAN PART II

51. Rasio penguapan air pada sebuah pohon oak (salah satu jenis pohon yang banyak tumbuh di daerah subtropis) setiap jamnya adalah sekitar 20-50 liter dalam sehari atau sekitar bak mandi berukuran ukuran besar.

52. Saat ini kita sedang bergerak di luar angkasa sekitar 530 Km per detik, artinya lebih cepat dari kecepatan cahaya. Kita tidak merasakannya karena seperti dijelaskan oleh teori relativitas einstein yaitu kecepatan obyek di luar angkasa tidak berarti.

53. Seekor kecoa bisa bertahan hidup 9 hari tanpa kepala. Akhirnya, kecoa yang terpenggal kepalanya akan mati karena kelaparan.

54. Thomas Farnham, seorang pengelana, pernah menulis bahwa saat dia mendekati wilayah Santa Fe pada tahun 1839, dia menyaksikan kerumunan bison yang melewati wilayah seluas 1.350 mil dalam waktu 3 hari 3 malam. Diperkirakan, jumlah bison dalam kerumunan tersebut sebanyak 1 juta ekor. Satu abad kemudian, bison hampir punah dari Amerika.

55. Mengapa kelelawar hanya bisa “melihat” saat gelap? Sebab, kelelawar hanya bisa menangkap sinar infra merah saja. Sehingga, saat terang benderang bagi manusia, hanya terlihat hitam bagi kelelawar.

56. Majalah Times, pernah menobatkan komputer sebagai Man of The Year (Tokoh Tahun Ini) pada 1982.

57. DR. Wahidin Sudirohusodo pernah berujar,” Jika kita meludah bersama-sama, maka Belanda di negeri kita akan tenggelam.”

58. Lebah bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan ladang tambang. Bahkan ladang ranjau juga.

59. Untuk menerbitkan edisi Minggu koran The New York Times, dibutuhkan 63.000 pohon. Sebab, koran beroplah 1 juta eksemplar ini tiap edisi Minggu sangat tebal, bahkan beratnya mencapai hampir 1 kilogram.

60. Pembayaran menggunakan cek pertama kali adalah 352 tahun sebelum Masehi di Romawi. Kemudian di Belanda tercatat cek pertama kali pada tahun 1500-an dan di Inggris pada tahuan 1700-an.

61. Kata cek berasal dari nomer seri yang ada di bagian kanan atas lembaran cek sebagai tanda periksa keabsahan (check).

62. Cek di Inggris beredar dengan dibawa para kurir dari masing-masing bank. Untuk menghemat waktu, para kurir dari beragam bank sering kali berkumpul untuk ngopi atau minum bareng. Sekalian bertukar cek dan tip pengantaran cek. Dari tempat ngopi inilah berawal adanya istilah kliring atau clearinghouses.

63. Ada 2700 bahasa dan 7000 dialek di dunia. Di Afrika sana, terdapat 1000 bahasa lebih.

64. Somalia adalah satu-satunya negeri di Afrika yang menggunakan satu bahasa untuk. satu negera, yaknia Bahasa Somali.

65. Bahasa tersulit di dunia adalah Bahasa Basque, karena tidak memiliki keterkaitan silsilah bahasa dengan bahasa manapun di dunia.

66. Bahasa di Afrika seringkali didasarkan pada bunyi sebuah benda/mahluk. Karena itu, pembelajaran bahasa di Afrika mengharuskan anak-anak mendengar alam sejak kecil.

67. Di semua benua, kecuali di Antartika, selalu ditemukan adanya katak atau varian spesiesnya.

68. Mithradates (131 – 63 SM), penguasa Pontus, negeri lawan Roma, sangat takut dengan racun. Sebab, dia yakin akan dibunuh oleh lawannya menggunakan racun. Karena itu, dia melatih dirinya sendiri dengan meminum racun dengan dosis sedikit. Makin lama makin banyak dosisnya hingga dia kebal terhadap racun. Dalam sebuah pertempuran Mithradates terpojok, dan daripada menanggung malu karena kalah, dia meminum racun. Tentu saja, usahanya gagal. Akhirnya dia memerintahkan pengawalnya untuk membunuh dirinya dengan pedang.

69. Samudera Pasifik, dikenal pula dengan nama Lautan Teduh. Kenytaan ini sebenarnya keliru. Nama ini berasal dari nama Mar Pacifico (Lautan Teduh) yang diberikan oleh Magellan, karena saat melintasi Samudera Pasifik, Magellan tidak menemui satu badai pun juga. Magellan memang beruntung, sebab Samudera Pasifik sebenarnya adalah lautan dengan badai terbanyak dan terganas dibandingkan lautan lainnya.

70. Andrew Carnegie, salah seorang terkaya di Amerika Serikat, mengidap alergi secara psikologis pada uang. Dia merasa jijik melihat atau menyentuh uang. Karena itu dia selalu menghindari uang. Akibatnya, dia pernah diusir dari sebuah trem di London karena tidak membawa uang untuk membayar karcis.

71. Dalam Perang Saudara di Amerika, ada seorang Jenderal bernama Joseph Hooker. Jenderal Hooker seringkali membawa banyak wanita penghibur untuk menemaninya di New Orleans. Para prajurit menjuluki wanita-wanita ini Hooker’s Division. Dari sinilah muncul istilah hooker, yang dalam Bahasa Inggris-Amerika, berarti pelacur.

72. John Grisham, penulis novel-novel best seller berbau hukum, mengawali menulis di sebuah notes kecil yang dibawa ke mana saja dia pergi. Setiap hari, dia mewajibkan dirinya menulis satu atau dua halaman novelnya. Hingga akhirnya pekerjaannya sebagai pengacara pun ditinggalkan. “Dalam kondisi sakit, bepergian, bahkan hingga kekurangan waktu tidur selalu saya sempatkan untuk menulis,” kata Grisham. Kini, sebagai seorang penulis, dia tidak akan lupa, bahwa novel pertamanya ditolak penerbit hingga 25 kali,

73. Di tahun 1859, terjadi peperangan antara Perancis dan Sardinia melawan Austria. Perang yang sengit itu berlangsung di sebuah wilayah bernama Magenta. Setelah pertempuran usai, para ahli kimia di Perancis memberi nama Magenta untuk warna merah keungu-unguan yang menggambarkan warna darah mengering.

74. Sebelum Masehi bahasa inggrisnya adalah B.C (Before Christ). Setelah Masehi adalah A.D (Anno Domini)

75. Ikan hiu kehilangan gigi lebih dari 6000 buah setiap tahun, dan gigi barunya tumbuh dalam waktu 24 jam

76. Julius Caesar tewas dengan 23 tikaman

77. Nama mobil Nissan berasal dari bahasa jepang Ni : 2 dan San : 3. Nissan : 23

78. Jerapah dan tikus bisa bertahan hidup lebih lama tanpa air dari pada unta

79. Perut memproduksi lapisan lendir setiap dua minggu agar perut tidak mencerna organnya sendiri.

80. 98% dari perkosaan dan pembunuhan dilakukan oleh keluarga dekat atau teman korban.

81. Semut dapat mengangkat beban 50 kali tubuhnya

82. Deklarasi Kemerdekaan Amerika ditulis diatas kertas marijuana

83. Titik diatas huruf i disebut ‘title’

84. Sebutir kismis yang dijatuhkan kedalam gelas berisi sampanye segar akan bergerak naik turun dalam gelas

85. Benjamin Franklin anak bungsu dari orangtua bungsu keturunan ke 5 dalam keluarga bungsu.

86. Triskaidekaphobia adalah ketakutan pada 13. Paraskevidekatriaph obia adalah ketekukan pada hari jumat tanggal 13 (bisa terjadi antara 1-3 kali setahun). di Italia, 17 adalah angka sial. di Jepang angka sial adalah 4

87. Lidah jerapah panjangnya sekitar 50 cm

88. Mulut menghasilkan 1 liter ludah setiap hari

89. Kita bernafas kira-kira 23.000 kali setiap hari

90. Kata ZIP (kode pos) adalah kepanjangan dari ‘Zoning Improvement Plan’.

91. Coca-Cola mengandung Coca (yang merupakan zat aktif pada kokain) dari tahun 1885 sampai 1903.

92. Rata-rata kita bicara 5000 kata tiap hari (walaupun 80% nya kita bicara pada diri sendiri)

93. Seandainya kuota air dalam tubuh kita berkurang 1%, kita langsung merasa haus

95. 4 simbol raja pada kartu remi melambangkan 4 raja yang etrkenal di jaman masing-masing: Sekop = David/Raja Daud ; Keriting = Alexander the Great/Iskandar Agung ; Hati Charlemagne/ Raja Prancis ; Wajik =Julius Caesar

96. Seumur hidup kita meminum air sebanyak kurang lebih 75.000 liter

97. Setiap orang, termasuk kembar identik, sidik jari dan tekstur lidahnya tidak ada yang sama.

98. Titik merah pada 7-Up logo berasal dari penemunya yang bermata merah. Dia seorang albino.

99. Pria kehilangan 40 helai rambut tiap hari. wanita 70 helai.

100. Tanda ’save’ pada Microsoft Office programs menunjukan gambar floppy disk dengan shutter terbalik

101. Albert Einstein dan Charles Darwin,keduanya menikah dengan sepupu pertama mereka (Elsa Löwenthal dan Emma Wedgewood).

102. Unta punya 3 kelopak mata.

103. Sehelai rambut di kepala kita mempunyai masa tumbuh 2 sampai 6 tahun sebelum diganti dengan rambut baru

104. Seseorang masih akan sadar selama 8 detik setelah dipenggal

105. Otot yang bekerja paling cepat ditubuh kita adalah otot dikelopak mata yang membuat kita berkedip. kita bisa berkedip 5kali dalam sedetik

106. Coklat dapat membunuh anjing,karena langsung mempengaruhi jantung dan susunan syarafnya

107. Tanpa dicampur ludah di dalam mulut, kita tidak akan merasakan rasa makanan

108. 13% orang di dunia adalah kidal

109. Hampir semua lipstik mengandung sisik ikan

110. Bayi yang baru lahir berat kepalanya 1/4 dari berat tubuhnya

sebelumnya | selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soemphex.blogspot.com
klik ke soemphex.blogspot.com klik
Welcome to the Soemphex.blogspot.com
Ke Soemphex.blogspot.com